Sabtu, 12 Oktober 2024

Srikandi PLN, Peran Aktif Keterlibatan Perempuan dalam Produktivitas Kinerja Perusahaan

Srikandi PLN, Peran Aktif Keterlibatan Perempuan dalam Produktivitas Kinerja Perusahaan

Jakarta, 12 Oktober 2024 - PT PLN (Persero) terus menunjukkan komitmen penuh untuk mendukung keterlibatan perempuan dalam pencapaian kinerja perusahaan. Hal ini disampaikan oleh Direktur Keuangan PLN yang sekaligus Ketua Umum Srikandi PLN, Sinthya Roesly dalam gelaran Srikandi Leadership Series 1: "Implementasi Respectful Workplace Policy dan Employee Wellbeing Program" di Jakarta, Jumat (04/10).

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi yang hadir secara virtual membagikan pengalamannya selama berkarir di dunia diplomasi dan menjabat sebagai Menlu dalam 10 tahun terakhir. Sebagai sosok Menlu perempuan pertama RI, dirinya menjadi simbol inspirasi bagi banyak perempuan Indonesia untuk mengambil peran yang lebih besar dalam diplomasi dan kepemimpinan.

“Saya telah membuktikan bahwa perempuan bisa memimpin di bidang diplomasi, bahkan di lingkungan yang biasanya dianggap ‘dunia laki-laki’. Kita harus berani memperjuangkan mimpi kita dan tidak pernah menyerah meski menghadapi banyak tantangan,” ucap Retno.

Baca Juga

ASDP Menjadi Perusahaan Unggulan dalam Human Capital dengan Gold Award di IHCA X 2024

Sementara itu, Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Tedi Bharata mengungkapkan, peningkatan keterwakilan perempuan di posisi Direktur BUMN merupakan salah satu fokus utama Kementerian BUMN dalam beberapa tahun terakhir. Kementerian BUMN telah berhasil meningkatkan jumlah Direktur BUMN perempuan yang sebelumnya hanya 6 persen di tahun 2019 menjadi 23 persen di tahun ini.

Untuk itu, lanjut Tedi, ke depan Kementerian BUMN akan terus berupaya memberikan dukungan penuh agar keterlibatan perempuan semakin signifikan. Dirinya berharap semakin banyak program inisiatif dan kolaborasi yang dihasilkan oleh Srikandi BUMN.

”Kami akan mendorong perempuan-perempuan yang memang berkualitas untuk nantinya mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik. Kalau itu kita lakukan dari atas kementerian dan juga di level perusahaan, insyaallah program peningkatan pemberdayaan perempuan, women leadership itu bukan hanya sekadar mimpi,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan PLN sekaligus Ketua Umum Srikandi PLN, Sinthya Roesly membeberkan komitmen kuat Srikandi PLN dalam mendorong keterlibatan perempuan di tiap lini perusahaan. Hal ini dibuktikan melalui peran aktif Srikandi PLN dalam membantu manajemen mengembangkan dan mengimplementasikan  kebijakan-kebijakan perusahaan terkait Pengarustamaan Gender dan lingkungan kerja yang kondusif, bebas dari kekerasan dan diskriminasi, seperti Respectful Workplace Policy (RWP) dan Employee Wellbeing Program (EWP).

“Untuk membangun suatu kebijakan, kita harus memiliki suatu mindset, kapabilitas dan daya pandang atau _visibility_ terhadap berbagai perspektif. Para Srikandi harus mampu mendukung perusahaan dalam mengimplementasikan RWP atau EWP di seluruh lini bisnis,” ucap Sinthya.

Sinthya melanjutkan, peran aktif yang dilakukan Srikandi PLN bukan hanya membantu manajemen dalam penyusunan kebijakan-kebijakan yang mendukung keterlibatan perempuan dalam perusahaan, namun juga terus berupaya untuk memastikan keberlangsungan program tersebut.

”Kami di Srikandi ikut ambil bagian, ikut mengkontribusikan pemikiran dalam policy dan advocacy-nya serta membantu manajemen dalam memastikan implementasi sustainability program untuk memperbaiki rating Environmental, Social, and Governance (ESG),” beber Sinthya.

Untuk diketahui, pada tahun 2021, selaras dengan hal ini PLN telah menyatakan komitmen terhadap pengarusutamaan gender melalui CEO Statement of Support for the Women’s Empowerment Principles yang dipublikasikan secara terbuka pada platform United Nation Global Compact (UNGC).

Lalu pada tahun 2022, PLN juga menerbitkan Statement of Corporate Intent (SCI) tentang Kebijakan Pengarusutamaan Gender. Hal tersebut dilanjutkan dengan penyusunan Standar Operasional Prosedur tentang Pengarusutamaan Gender dalam tiap kebijakan dan strategi sumber daya manusia.

Sinthya menambahkan, PLN akan terus meningkatkan jumlah persentase pegawai perempuan di jajaran manajemen. Ini merupakan salah satu upaya korporasi dalam memberikan ruang yang setara bagi Srikandi PLN untuk berkarya dan memberikan sumbangsihnya bagi perusahaan.

“Kami bertekad untuk terus meningkatkan jumlah perempuan dalam jajaran manajemen. Saat ini berada pada kisaran 15 persen, harapannya ke depan setidaknya akan sama dengan target Kementerian BUMN sebesar 25 persen," tutupnya.

Srikandi Leadership Series 1 merupakan bagian dari rangkaian inisiatif strategis dari Srikandi BUMN yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan dalam kepemimpinan di lingkungan BUMN sekaligus mewujudkan tempat kerja yang lebih sehat, inklusif, dan bebas dari diskriminasi. Acara ini dihadiri oleh Kementerian BUMN dan Srikandi dari seluruh BUMN.

Melalui acara ini, Srikandi BUMN berupaya untuk membangun budaya organisasi yang saling menghormati dan menempatkan kesejahteraan karyawan sebagai prioritas utama.

Redaksi

Redaksi

Semarang idxcarbon adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

UBP Saguling Buktikan Keunggulan di Sektor Energi, Sabet Penghargaan Subroto dari ESDM

UBP Saguling Buktikan Keunggulan di Sektor Energi, Sabet Penghargaan Subroto dari ESDM

29 Tahun Perjalanan PLN Indonesia Power Melistriki Negeri dengan Terobosan dan Inovasi Berkelanjutan

29 Tahun Perjalanan PLN Indonesia Power Melistriki Negeri dengan Terobosan dan Inovasi Berkelanjutan

Mengaliri Cahaya di Seluruh Nusantara: 29 Tahun Dedikasi dan Inovasi PLN Indonesia Power

Mengaliri Cahaya di Seluruh Nusantara: 29 Tahun Dedikasi dan Inovasi PLN Indonesia Power

PLN Indonesia Power 29 Tahun Menggerakkan Energi Bangsa dengan Terobosan Listrik Berkualitas

PLN Indonesia Power 29 Tahun Menggerakkan Energi Bangsa dengan Terobosan Listrik Berkualitas

29 Tahun Melistriki Tanah Air Inovasi PLN Indonesia Power untuk Masa Depan Energi Nasional

29 Tahun Melistriki Tanah Air Inovasi PLN Indonesia Power untuk Masa Depan Energi Nasional