Senin, 14 Oktober 2024

PLN Indonesia Power dan Komitmen Kesejahteraan Melalui Program UMKM

PLN Indonesia Power dan Komitmen Kesejahteraan Melalui Program UMKM

Jakarta - PLN Indonesia Power PLN IP berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar pembangkit. Melalui Unit Bisnis Pembangkitan UBP Semarang PLN IP mengimplementasikan berbagai inovasi untuk memberdayakan masyarakat pesisir utara Pulau Jawa. Ini merupakan bagian dari upaya korporasi dalam mencapai Sustainable Development Goals SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra menjelaskan bahwa UBP Semarang telah melaksanakan program pendampingan untuk kelompok petani ikan dan UMKM pengolahan hasil tangkapan ikan di wilayah Semarang.

"PLN IP UBP Semarang menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan TJSL dengan pemberdayaan masyarakat berdasarkan pemetaan sosial yang dilakukan oleh perusahaan," kata Edwin.

Baca Juga

ASDP Menjadi Perusahaan Unggulan dalam Human Capital dengan Gold Award di IHCA X 2024

"Karena lokasi pembangkit berada di area pesisir kami di UBP Semarang menghadapi tantangan dalam mengembangkan program yang relevan dengan masyarakat pesisir," tambahnya.

Sementara itu Senior Manager PLN Indonesia Power UBP Semarang Flavianus Erwin Putranto menekankan bahwa program tersebut dirancang untuk menciptakan rantai nilai yang dapat menghasilkan nilai ekonomi sirkuler di lingkungan masyarakat.

Untuk melaksanakan program ini PLN Indonesia Power UBP Semarang bermitra dengan kelompok nelayan di Kelurahan Tanjung Mas untuk mengembangkan potensi kelautan melalui keramba jaring tancap. Melalui pendampingan ini kelompok tersebut mampu meraih omzet hingga 60 juta rupiah per bulan.

"Dalam program pemberdayaan masyarakat kami berfokus pada komunitas yang terdampak langsung oleh aktivitas pembangkit. UBP Semarang memberikan bantuan seperti peningkatan kapasitas kelompok penyediaan alat produksi untuk nelayan dan pemberian benih ikan bandeng," jelas Erwin.

PLN IP UBP Semarang juga menjalin kerja sama dengan kelompok pengolahan ikan seperti Koperasi Prima Indo Sutera dan Kelompok Pengolah dan Pemasar Poklahsar Putri Laut sebagai saluran hilir untuk menjual ikan bandeng dari kelompok nelayan.

"Kami juga didukung oleh local hero dalam memberikan bantuan berupa pengembangan kapasitas penyediaan peralatan produksi pemasaran produk dan sertifikasi," tutur Erwin.

Dalam proses pendampingan PLN Indonesia Power UBP Semarang menerapkan inovasi berupa Low Temperature High Pressure Cooker LTHPC yang dibuat dengan memanfaatkan sisa turbin compartment yang tidak terpakai sebagai bahan dasar.

Penggunaan alat LTHPC ini meningkatkan efisiensi proses produksi olahan ikan bandeng menghemat biaya produksi dan meningkatkan pendapatan hingga 177 juta rupiah.

"Saat ini LTHPC telah dikembangkan untuk menggunakan tenaga listrik dalam operasionalnya semakin meningkatkan efisiensi proses produksi," jelas Erwin.

Erwin juga mengungkapkan bahwa keberhasilan pemberdayaan kelompok ini telah berhasil direplikasi hingga kelompok ketiga yaitu Poklahsar Global Milkfish.

Ketua Poklahsar Putri Laut Suhartono menyatakan bahwa program PLN IP UBP Semarang sangat membantu operasional usaha yang berdampak positif pada kesejahteraan anggota kelompok.

"Program ini sangat membantu kami. Dengan penggunaan LTHPC kami dapat menghemat waktu biaya dan tenaga. Awalnya kami hanya bisa memproduksi 5 kg bandeng sekali masak kini kami dapat memproduksi 40 hingga 50 kg," ujar Suhartono.

"Selain itu kualitas gizi ikan bandeng dapat terjaga berkat bantuan fasilitas pelatihan dan perizinan dari PLN IP. Kami berhasil meningkatkan pendapatan 21 UKM yang bergabung dalam Poklahsar Putri Laut sebesar Rp1100000 per bulan. Pendapatan ini membantu perekonomian keluarga kami menjadi lebih baik. Ayo makan ikan agar cerdas!" tambahnya.

Di samping itu PLN IP UBP Semarang juga memiliki program pengembangan UMKM Kopi Endemix dan kelompok tani Berkah Wana Lestari di daerah Ngesrep Balong Kendal sebagai bagian dari upaya konservasi lingkungan di lokasi wisata yang kaya akan keanekaragaman hayati. Produk dari UMKM Kopi Endemix dengan merek dagang Kopi Endemica kini telah berhasil menembus pasar nasional.

Erwin menambahkan bahwa PLN Indonesia Power UBP Semarang mendukung pelestarian keanekaragaman hayati dan penyerapan karbon melalui program pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata Kabupaten Kendal. Program ini mencakup peningkatan kapasitas SDM kelompok tani kopi Berkah Wana Lestari dan UMKM Kopi Endemix dalam budidaya berbasis Good Agricultural Practices dan pengolahan hasil panen kopi.

"Dengan memberdayakan 15 petani kopi dan 22 anggota Pokdarwis Pucue’ Kendal program ini berdampak positif pada peningkatan pendapatan kelompok tani Berkah Wana Lestari dan UMKM Kopi Endemix. Hingga Juli 2024 pendapatan kelompok tani mencapai 315 juta rupiah dan UMKM Kopi Endemix mencapai 100 juta rupiah," tutup Erwin.

Local Hero UMKM Endemix Wahyudi menyatakan bahwa setelah adanya edukasi dari PLN IP UBP Semarang terjadi perubahan perilaku di masyarakat. Dulu ia merupakan pembalak tanaman langka dan pemburu burung langka kini ia menjadi aktivis lingkungan yang mencegah para pemburu beraksi. Wahyudi juga melaporkan adanya peningkatan kreativitas yang berkontribusi pada kesejahteraan warga Ngesrep Balong.

"Program ini telah mengubah perilaku masyarakat. Salah satu local hero yang dulunya merupakan pembalak dan pemburu burung langka kini telah bertaubat dan menjadi aktivis lingkungan. Selain itu 15 pemuda desa mendapatkan penghasilan rata-rata Rp1030000 per bulan yang sangat membantu perekonomian keluarga. Mereka juga memperoleh keterampilan baru sebagai barista dan dalam pengelolaan desa wisata. Curug Lawe Secepit yang menjadi kebanggaan warga Ngesrep Balong semakin dikenal dengan konten wisata yang dibuat oleh anggota Pokdarwis," tegas Wahyudi.

Redaksi

Redaksi

Semarang idxcarbon adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Inovasi PLN Indonesia Power dalam Program UMKM Tingkatkan Kesejahteraan

Inovasi PLN Indonesia Power dalam Program UMKM Tingkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Sejahtera Berkat Program Inovatif UMKM PLN Indonesia Power

Masyarakat Sejahtera Berkat Program Inovatif UMKM PLN Indonesia Power

Program UMKM PLN Indonesia Power Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

Program UMKM PLN Indonesia Power Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

PLN Indonesia Power Berinovasi untuk Kesejahteraan Lewat Pemberdayaan UMKM

PLN Indonesia Power Berinovasi untuk Kesejahteraan Lewat Pemberdayaan UMKM

Program UMKM PLN Indonesia Power Berikan Nilai Tambah pada Kesejahteraan Masyarakat

Program UMKM PLN Indonesia Power Berikan Nilai Tambah pada Kesejahteraan Masyarakat